11+ Cafe dan Warkop Terkenal di Makassar

PetaMakassar – Jika anda pecinta kopi, mungkin sudah sering mendatangi warung kopi atau caffe.

Khususnya di Makassar terdapat cukup banyak warung kopi. Hampir di setiap jalan anda bisa menemukan orang nongkrong di cafe dan warkop.

Entah itu anak muda, atau orang dewasa. Namun biasanya didominasi oleh kaum lelaki dengan usia 20 an ke atas.

Disini saya ingin menyebutkan beberapa perbedaan cafe, suasana, harga dan rekomendasi cafe dan warkop terbaik di Makassar. Jika ini yang anda cari, silahkan simak ulasan berikut.

Perbedaan warkop dengan cafe

warkop terkenal di makassar

Warkop merupakan istilah yang familiar di masyarakat untuk kedai kopi yang dari luar tampak tidak terlalu mewah. Biasanya hanya diberikan tulisan warkop dan dari luar langsung terlihat meja dan kursinya.

Meskipun kebanyakan seperti itu, ada juga warkop yang tergolong cukup eksklusif pelayanannya.

Sedangkan cafe memiliki kesan lebih eksklusif, lebih elegan. Cafe biasanya kebanyakan dikunjungi oleh orang-orang kelas kantoran, mahasiswa, dan siswa SMA.

Sekilas jika dilihat dari depan atau luar, cafe biasanya dilindungi oleh kaca yang tembus pandang. Aktivitas orang di dalamnya biasanya sibuk ngobrol, buka laptop, atau masing-masing sibuk dengan gadget di tangan.

Biasanya terlihat aktivitas orang yang mengenakan seragam khusus atau biasa disebut barista sedang membuat kopi pada mesin kopi di cafe tersebut.

Dari segi harga, biasanya harga kopi di warkop lebih murah daripada di caffee.

Mungkin itu salah satu alasan mengapa orang lebih banyak mengunjungi warkop daripada cafe.

Cari yang murah meriah. hehe..

Apa yang biasa dilakukan orang di warung kopi dan cafe?

nongkrong di cafe makassar

Pada umumnya warkop banyak diramaikan oleh masyarakat hanya mencari keramaian.

Sebab di warkop orang bisa menikmati segelas kopi dengan santai sama seperti di rumah, sambil membaca koran, atau berbincang bersama teman/kerabat.

Meski begitu perbincangan orang-orang di warkop tidak bisa dipandang hanya perbincangan biasa saja, ada juga loh yang melakukan deal-dealan dengan nilai fantastis.

Dengan memilih warkop, setidaknya tidak terlalu mencolok kalau orang-orang itu sedang melakukan transaksi dengan harga tinggi.

Warkop biasanya buka pada pagi hari. Ada yang buka sejak setelah shalat subuh, dan ramai terus sampai warkop itu tutup.

Berbagai kegiatan juga banyak diselesaikan di warkop, misalnya mahasiswa yang mengerjakan makalah di warkop, atau bapak-bapak atau abang-abang driver online yang sedang menunggu orderan masuk.

Kadang juga warkop dijadikan basecamp bagi driver online. Tidak sedikit dari mereka akan kembali ke warkop setelah menyelesaikan pengantarannya.

Salah satu yang sekarang ini sangat dicari orang ketika datang ke cafe maupun warkop adalah akses internet gratis melalui jaringan wifi.

Jika wifi itu disediakan, maka bisa jadi kedai kopi itu akan ramai dikunjungi orang.

Apa saja menu di dalam cafe dan warkop?

Cafe dan warkop terkenal di Makassar

Menu kopi merupakan hal pembeda dari setiap tempat. Pemilik cafe dan warkop pasti bersusah payah untuk menemukan resep terbaik bagaimana supaya cafenya bisa ramai.

Mulai dari pemilihan biji kopi yang digunakan, cara memasak atau menyeduh kopi, racikan kopi yang enak, hingga suasana tempat yang nyaman bagi pengunjung.

Salah satunya pasti terdapat pada cita rasa kopi yang disajikan. Ada kopi yang biasa-biasa saja, ada juga yang enak.

Orang datang ke cafe/warkop biasnya karena ingin menikmati rasa kopi dari tempat itu. Mungkin karena sudah bosan minum kopi sachet, atau bosan minum kopi itu itu saja di rumahnya.

Tidak jarang juga orang berpindah tempat ngopi oleh karena ingin membandingkan rasa kopi antara tempat yang satu dengan yang lainnya. Saya biasa melakukan ini. hehe..

Kebanyakan di warkop kopinya dibuat dengan cara kopi itu dimasak terus menerus, kemudian disaring dan disajikan jika ada orang yang memesannya. (setidaknya begitu yang pernah saya lihat)

Sedangkan di cafe, kopi disajikan mulai dari memilih biji kopi apa yang disuka, kemudian ingin disajikan dalam bentuk apa, misalnya kopi seduh atau pakai mesin pembuat kopi.

Anda bisa memilih sesuai kesukaan, atau meminta rekomendasi menu favorit dari barista yang sedang bertugas.

Untuk kopi yang diseduh, di cafe anda bisa menikmati menu seperti kopi vietnam drip, atau v60. Sedangkan untuk kopi yang dihidangkan melalui mesin kopi anda bisa menikmati menu seperti cappucino, latte, atau espresso, dan masih banyak lagi.

Anyway saya bukanlah ahli kopi, jika bahasanya hancur, tolong dikoreksi ya guys. Saya hanya penikmat kopi saja.

Cafe dan warkop terkenal di Makassar

Cafe-cafe di Makassar menyediakan berbagai macam menu dengan racikan terbaik dari barista atau sang pemilik kedai.

Jika anda penasaran dengan warung kopi apa saja yang unik tersebut, berikut adalah ulasan dari kami.

Warkop yang terkenal di Makassar

  • Warkop Azzahra
  • Warkop Dg Sija
  • Warkop Dottoro
  • Kopitiam
  • Hai Hong
  • Warkop 51
  • Warkop Bundu

Cafe yang terkenal di Makassar

  • Kopi Api
  • Kopi Teori
  • CTRL+C coffee
  • Lain Hati
  • Janji Jiwa
  • Upnormal

Akhir kata

Pada akhirnya selera orang akan berbeda-beda. Ada yang suka menikmati kopi dengan santai, dan ada juga yang senang explore cita rasa kopi.

Menikmati secangkir kopi setidaknya bisa membuat orang kembali fresh atau lebih bersemangat dalam menjalani hari-hari.

Beberapa daftar di atas, bukanlah berdasarkan mana yang terbaik dan tidak, namun itu hanyalah merupakan beberapa warkop dan cafe alternatif bagi anda yang ingin menikmati kopi dengan suasana yang asyik dan tentunya kopi yang enak.

Jangan lupa ngopi hari ini ya guys. 🙂


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *