Di sekitar tempat tinggal saya, setiap pagi sekarang ramai penjual apang bugis panas.

Ya, begitulah orang bugis makassar menyebutnya. Kue apang merupakan jajanan yang pas di pagi hari.

Teksturnya lembut, seperti roti, dengan bahan dasar gula merah. Makan kue apang makin enak dengan parutan kelapa. Secangkir teh hangat akan membuat pagi menjadi menyenangkan dengan kue khas bugis ini.

Apakah anda pernah makan kue apang juga?

Biasanya apang dijual di warung-warung dekat rumah. Sekarang penjual apang sepertinya berevolusi. Mereka tidak lagi melakukan drop ke warung-warung. Ada yang  berdiri sendiri. Dengan modal yang cukup besar yakni dengan menyewa tempat mereka sudah bisa berjualan apang bugis panas di sana. Fresh from the oven.

penjual kue apang bugis panas

Begitu yang saya perhatikan saat ini.

Ada beberapa penjual kue apang panas di sekitar jalan Mappaoddang dan jalan Cendrawasih. Mereka menyediakan kue apang yang baru saja matang. Di pinggir jalan mereka memasak kue apang tersebut, sehingga orang bisa singgah dan langsung menikmati kue apang yang masih panas dengan nikmat.

Bagi yang tidak punya waktu untuk datang membeli langsung ke tempatnya, bisa memesan melalui layanan antar makanan online seperti grab food atau gofood. Sangat mudah kan!

antri di penjual apang panas

Setelah mencobanya, rasa kue apang yang dijual ternyata sangat berbeda dari apang yang biasanya saya makan. Gula merahnya lebih terasa, dan teksturnya sangat empuk. Bikin nagih.

Apang dijual seharga seribu rupiah per biji. Murah meriah dan enak.

apang bugis panas

Kalau di sini namanya apang, kalau di daerah anda mungkin kue ini juga ada. Namanya apa?