Musim hujan sepertinya sudah tiba. hari-hari di kampus tentu tidak menghalang orang untuk datang menuntut ilmu.

Namun satu hal yang tidak biasa terlihat yakni saat hujan pertama kali turun sangat deras di kampus Universitas Hasanuddin (UNHAS) di Tamalanrea.

Derasnya air yang turun membuat perjalanan sedikit melambat. Pasalnya air tidak semestinya mengalir di salurannya. Justru mengalir dan membajiri sebagian besar jalan.

Dengan ketinggian sekitar 10-15 cm sudah cukup membuat ban kendaraan melambat. Tidak bisa memacu laju kendaraan seperti biasanya di jalan ini. kampus unhas banjir

Air di dalam foto ini berasal dari daerah dataran tinggi lapangan sepak bola di samping fakultas hukum unhas. Lokasi fakultas memang dibuat sedikit lebih tinggi daripada tempat-tempat di sekitarnya, sehingga air tidak akan membanjiri fakultas.

Tetapi ada hal yang menarik di Unhas yakni banjir ini tidak berlangsung lama, tetapi sebentar saja. Bukan karena hujannya yang hanya sebentar, tetapi volume air memang sangat banyak sehingga sulit untuk diatasi.

Di bagian bawah tepatnya di sekitaran daerah asrama mahasiswa terdapat danau kecil. Di sanalah air akan tertampung kemudian menemukan alirannya menuju ke sungai.

Kalau saja saluran air bisa berfungsi dengan baik mungkiin saja aliran air akan lebih lancar. Sehingga orang pun bisa berkendara lebih aman dan lancar.